No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kelas | Indikator | N0. Soal |
1. | Membaca surat-surat Al Qur'an | 1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar | IV | Disajikan potongan ayat surat Al Ikhlas, siswa dapat menentukan lanjutannya. | 1. |
2. | Mengenal sifat jaiz Allah SWT | 2.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT | IV | Siswa dapat menentukan arti sifat jaiz. | 2. |
3. | Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menceritakan kisah nabi Adam AS | IV | Disajikan narasi tentang penyebab nabi Adam AS diturunkan ke bumi, siswa dapat menunjukkan perbuatan terpuji. | 3. |
4. | Mengenal ketentuan-ketentuan sholat | 5.1 Menyebutkan rukun shalat | IV | Siswa dapat memilih jawaban yang termasuk rukun sholat. | 4. |
5. | Mengenal Malaikat dan tugasnya | 7.1 Menjelaskan pengertian Malaikat | IV | Siswa dapat menentukan pengertian Malaikat. | 5. |
6. | Melaksanakan dzikir dan doa | 10.1 Melaksanakan dzikir setelah shalat | IV | Siswa dapat memilih lafal dzikir setelah shalat. | 6. |
7. | Melaksanakan dzikir dan doa | 10.2 Membaca doa setelah shalat | IV | Disajikan beberapa doa, siswa dapat memilih doa setelah sholat | 7. |
8. | Mengartikan surat pendek pilihan | 1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun | V | Disajikan satu ayat surat Al Kafirun, siswa dapat menentukan artinya. | 8. |
9. | Menceritakan kisah Nabi | 3.2 Menceritakan kisah nabi Musa As | V | Disajikan kejadian luas biasa, siswa dapat menentukan peristiwa luar biasa yang dialami oleh nabi Musa AS. | 9. |
10. | Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Meneladani perilaku nabi Ayyub AS | V | Siswa dapat menentukan perilaku yang dapat diteladani nabi Ayyub | 10. |
11. | Membiasakan perilaku terpuji | 4.2 Meneladani perilaku nabi Musa AS | V | Siswa dapat menentukan perilaku terpuji nabi Musa AS. | 11. |
12. | Mengumandangkan adzan dan iqamah | 5.1 Melakukan adzan dan iqamah sebelum shalat dengan benar | V | Siswa dapat menentukan tulisan Arab yang termasuk lafal adzan. | 12. |
13. | Mengartikan surat pendek pilihan | 6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil | V | Disajikan salah satu ayat surat al Ma'un, siswa dapat menentukan arti nya. | 13. |
14. | Mengartikan surat pendek pilihan | 6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil | V | Disajikan salah satu ayat surat Al Fiil , siswa dapat menentukan artinya. | 14. |
15. | Mengenal Rasul-rasul Allah SWT | 7.3 Membedakan Nabi dan Rasul | V | Siswa dapat menentukan perbedaan Nabi dan Rasul. | 15. |
16. | Menceritakan kisah sahabat Nabi | 8.1 Menceritakan kisah khalifah Abu Bakar RA | V | Disajikan kisah khalifah Abu Bakar, siswa dapat menentukan sifat terpuji. |
16. |
17. | Mengenal puasa wajib | 10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadlan | V | Siswa dapat menentukan salah satu rukun puasa. | 17. |
18. | Mengenal puasa wajib | 10.2 Menyebutkan hikmah puasa | V | Siswa dapat menentukan yang termasuk hikmah puasa | 18. |
19. | Mengartikan Al Qur'an surat pendek pilihan | 1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al 'Alaq ayat 1-5 | VI | Disajikan kutipan surat Al Qodr berharakat, siswa dapat menentukan hukum bacaan pada kalimat yang bergaris bawah | 19. |
20. | Mengartikan Al Qur'an surat pendek pilihan | 1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al 'Alaq ayat 1-5 | VI | Disajikan salah satu ayat surat Al Alaq, siswa dapat menentukan artinya. |
20. |
21. | Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzdzab | 3.1 Menceritakan perilaku Abu Jahal dan Abu Lahab | VI | Disajikan narasi kisah Abu Lahab, siswa dapat mengidentifikasi perilaku Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW | 21. |
22. | Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzdzab | 3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzdzab | VI | Siswa dapat menentukan perilaku Musailamah Al Kadzdzab | 22. |
23. | Menghindari perilaku tercela | 4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal | VI | Disajikan kasus dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki | 23. |
24. | Menghindari perilaku tercela | 4.2 Menghindari perilaku bohong seperti musailamah Al Kadzdzab | VI | Disajikan narasi tentang kejadian sehari hari, siswa dapat menghindari perilaku bohong | 24. |
25. | Mengenal ibadah bulan Ramadan | 5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan | VI | Siswa dapat menentukan nama sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam bulan Ramadlan | 25. |
26. | Meyakini adanya Qadla' dan Qadar | 7.1 Menunjukkan contoh-contoh qadla' dan qadar | VI | Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan manusia, siswa dapat menentukan contoh qadla' dan qadar Allah SWT | 26. |
27. | Meyakini adanya Qadla' dan Qadar | 7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qadla' dan qadar | VI | Diilustrasikan tentang kehidupan seseorang, siswa dapat menentukan sikap yang benar dalam meyakini qadla' dan qadar | 27. |
28. | Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar | 8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin | VI | Disajikan cerita kaum Muhajirin, siswa dapat menentukan sikap kaum Muhajirin yang berkaitan dengan kehidupan sosial | 28. |
29. | Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar | 8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar | VI | Siswa dapat menunjukkan sikap perjuangan kaum Anshar | 29. |
30. | Membiasakan perilaku terpuji | 9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | VI | Disajikan narasi tentang kegigihan perjuangan kaum muhajirin, siswa dapat menunjukkan perilaku terpuji | 30. |
31. | Membiasakan perilaku terpuji | 9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | VI | Siswa dapat memilih salah satu sikap yang dapat diteladani dari kaum Muhajirin | 31. |
32 | Membiasakan perilaku terpuji | 9.2 Meneladani perilaku tolong menolong kaum anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | VI | Siswa dapat menunjukkan perilaku kaum Anshar | 32 |
33. | Mengetahui kewajiban zakat | 10.1 Menyebutkan macam-macam zakat | VI | Siswa dapat menentukan salah satu macam zakat. | 33. |
34. | Mengetahui kewajiban zakat | 10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fithrah | VI | Siswa dapat menentukan ukuran zakat fithrah | 34. |
35. | Mengetahui kewajiban zakat | 10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fithrah | VI | Siswa dapat menentukan waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fithrah | 35. |
36. | Membaca surat-surat Al Qur'an | 6.1 Membaca surah Al Kautsar dengan lancar | IV | Disajikan penggalan ayat surat Al Kautsar, siswa dapat melengkapinya. | 36. |
37. | Menceritakan kisah Nabi | 8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS | IV | Disajikan cuplikan kisah nabi Ismail AS, siswa dapat menentukan perilaku terpuji . | 37. |
38. | Mengenal kitab-kitab Allah SWT | 2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir | V | Disajikan empat kitab suci Allah, siswa dapat menentukan kitab suci yang terakhir | 38. |
39. | Mengenal puasa wajib | 10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadlan | V | Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat wajib puasa. | 39. |
40. | Mengenal puasa wajib | 10.2 Menyebutkan hikmah puasa | V | Siswa dapat menyebutkan salah satu hikmah puasa. | 40. |
41. | Meyakini adanya Hari Akhir | 2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir | VI | Siswa dapat menyebutkan nama lain Hari Akhir. | 41. |
42. | Meyakini adanya Hari Akhir |
| VI | Disajikan beberapa gambar peristiwa alam, siswa dapat menentukan tanda Hari Akhir yang sesuai dengan gambar tersebut | 42. |
43. | Mengartikan surah pendek pilihan | 6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat ke 13 | VI | Disajikan penggalan QS Al Maidah ayat 3, siswa dapat menjelaskan artinya | 43. |
44. | Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar | 8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin | VI | Disajikan penggalan kisah kaum Muhajirin, siswa dapat menentukan perjuangan kaum muhajirin tentang rela berkorban | 44. |
45. | Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar | 8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar | VI | Siswa dapat menyebutkan satu bentuk pengorbanan kaum Anshar | 45. |
46. | Menceritakan kisah Nabi | 3.2 Menceritakan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW | IV | Disajikan penggalan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW, siswa dapat menceritakan peristiwa yang terjadi menjelang kelahirannya. | 46. |
47. | Mengenal Rasul-rasul Allah SWT | 7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul | V | Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul Ulul Azmi. | 47. |
48. | Mengenal ibadah bulan Ramadlan | 5.2 Melaksanakan tadarus Al Qur'an | VI | Siswa dapat menyebutkan 3 hikmah tadarrus | 48. |
49 | Mengartikan surah pendek pilihan | 6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat ke 13 | V | Siswa dapat menjelaskan 4 isi QS. Al Hujurat ayat 13 | 49 |
50 | Mengartikan surah pendek pilihan | 6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat ke 13 | VI | Siswa dapat mengartikan QS. Al Hujurat ayat 13 yang digaris bawahi | 50 |
Rabu, 07 Maret 2012
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TH 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar