KISI-KISI
UJIAN PRAKTEK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi Waktu :
Jumlah Soal : 15 Soal
Bentuk Soal : URAIAN
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
No soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
1.
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan
fungsinya
|
IV/1
|
Disediakan
gabus, pazel kerangka manusia, jarum pentul, siswa dapat merangkai susunan
kerangka manusia yang selanjutnya nenjelaskan fungsinya.
|
B
|
2.
|
|
1.4.
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
|
IV/1
|
Disediakan
sikat gigi, pasta gigi. air, siswa dapat mendemontrasikan cara menyikat gigi
|
B
|
3.
|
3.
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
|
3.2.
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
IV/1
|
Disediakan
beberapa kartu hewan, siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
|
B
|
4.
|
7.
Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
|
7.1.
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah
gerak suatu benda
|
IV/2
|
Disediakan
balokkayu yang permukaannya dilapisi plastik mika, kertas gosok kasar serta
dua sisi lain tetap, pegas/karet gelang, siswa dapat melakukan percobaan
untuk membuktikan pengaruh permukaan benda terhadap besar kecilnya gaya
|
F
|
5.
|
8.
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
8.1.
Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat
pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat
kertas/parasut
|
IV/2
|
Disediakan
karton, sedotan minum, gunting,jarum pentul, siswa dapat melakukan percobaan
untuk membuktikan perubahan energy gerak akibat pengaruh udara
|
F
|
No. Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
|
Indicator
|
No. Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
& hewan
|
1.1. Mengidentifikasi
fungsi organ pernafasan manusia
|
V/1
|
Disediakan
botol air mineral yang dipotong bagian bawahnya, tiga mainan balon udara, 1
meter selang transparan 1/8 “ , karet gelang, dan tali.
Siswa
dapat membuktikan proses pernafasan (keluar masuknya udara ) dalam organ
pernafasan manusia.
|
B
|
2.
|
|
1.3. Mengidentifikasi fungsi organ
pencernaan manusia & hubungannya dg makanan
& kesehatan
|
V/1
|
Disediakan
contoh-contoh berbagai jenis bahan pokok makanan, serta kotak box jenis-jenis
zat makanan.
Siswa
dapat menggolongkan bahan pokok makanan berdasarkan fungsi zat makanan.
|
B
|
3.
|
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, & energi serta
fungsinya
|
5.1. Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan
energi melalui percobaan(gaya gravitasi, gaya gesek, gaya
magnet)
|
V/2
|
Disediakan
batu bateray, kabel, paku besar, dan paku kecil, Siswa dapat membuat magnet
dengan aliran listrik (electromagnet ).
|
F
|
4.
|
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan
membuat suatu karya/ model
|
6.1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
|
V/2
|
Disediakan
box plastik berisi air, cermin, dan kertas HVS,Siswa dapat mempraktekkan
penguraian cahaya matahari oleh titik-titik air.
|
F
|
5.
|
|
|
V/2
|
Disediakan
senter, kertas karton, dan berbagai macam botol, Siswa dapat membuktikan
terjadinya bayangan akibat cahaya merambat lurus.
|
F
|
No. Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
|
Indicator
|
No. Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
2. Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
|
2.3. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
|
VI/1
|
Disediakan
alat dan bahan sebagai berikut : cutter , tali , ijuk / serabut / platik ,
tanahgembur , dahan / ranting tumbuhan berkambium, siswa melakukan kegiatan mencangkok
sesuai tahapan yang benar
|
B
|
2.
|
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat
hantaran dan kegunaan benda
|
5.1. Membandingkan
sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
|
VI/1
|
Disediakan
alat KIT IPA tentang panas plastisin, korekapi, dan lembar pengamatan, siswa
melakukan percobaan dan membuat kesimpulan
|
F
|
3.
|
7.
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energy
|
7.2. Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan
energy listrik
|
VI/2
|
Disediakan
alat-alat listrik ( Bohlam, kabel, saklar, batubaterai),siswa dapat merangkai
susunan listrik secara pararel, seri,campuran dengan benar
|
F
|
4.
|
8.
Memahami pentingnya penghematan energi
|
8.2. Membuatsuatukarya / model yang menggunakan energy
listrik ( bell listrik , alarm , model lampulalulintas, model kapalterbang ,
mobil-mobilan , model peneranganrumah ).
|
VI/2
|
Disediakan
alat : kumparan, paku,kaleng bekas, batu baterai, mur dan kabel, papan kayu/
triplek, siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3 siswa
dengan tugas masing-masing
|
F
|
5.
|
9.
Memahami matahari sebagai pusat tatasurya dan interaksi
|
9.2. Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi
dan revolusi bulan
|
VI/2
|
Siswa
berperan sebagai : Matahari, bulan, dan bumi secara bergantian melakuka peran
rotasi bumi dan revolosi bulan
|
BAS
|
SKOR PENILAIAN UJIAN PRAKTEK
IPA KLAS IV
No.
|
KEGIATAN
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
1.
|
Disediakan
gabus, pazel kerangka manusia, jarum pentul, siswa dapat merangkai susunan
kerangka manusia yang selanjutnya nenjelaskan fungsinya.
|
- Susunan
benar, penjelasan benar
|
50
|
- Susunan
benar,penjelasan kurang benar
|
40
|
||
- Susunan
benar, penjelasan salah
|
30
|
||
- Susunan
kurang benar, penjelasan salah
|
20
|
||
- Susunan
salah, penjelasan salah
|
10
|
||
2.
|
Disediakan
sikat gigi, pasta gigi. air, siswa dapat mendemontrasikan cara menyikat gigi.
|
- Gerakan
menggosok sempurna
|
50
|
- Gerakan
menggosok kurang sempurna
|
35
|
||
- Gerakan
menggosok salah
|
20
|
||
3.
|
Disediakan
beberapa kartu hewan, siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
|
- Pengolongan
benar sesuai ketentuan
|
50
|
- Penggolongan
kurang sesui ketentuan
|
35
|
||
- Penggolongan
tidak sesuai ketentuan
|
20
|
||
4.
|
Disediakan
balokkayu yang permukaannya dilapisi plastik mika, kertas gosok kasar serta
dua sisi lain tetap, pegas/karet gelang, siswa dapat melakukan percobaan
untuk membuktikan pengaruh permukaan benda terhadap besar kecilnya gaya.
|
- Cara
kerja benar, kesimpulan benar
|
50
|
- Cara
kerja benar, kesimpulan kurang benar atau sebaliknya
|
40
|
||
- Cara
kerja benar, kesimpulan tidak benar
|
30
|
||
- Cara
kerja kurang benar, kesimpulan tidak benar
|
20
|
||
- Cara
kerja tidak benar, kesimpulan tidak benar
|
10
|
||
5.
|
Disediakan
karton, sedotan minum, gunting,jarum pentul, siswa dapat melakukan percobaan
untuk membuktikan perubahan energy gerak akibat pengaruh udara.
|
- Perakitan
benar, dapat dioperasikan dengan baik
|
50
|
- Perakitan
benar, kurang dapat dioperasikan
|
40
|
||
- Perakitan
benar, tidak dapat dioperasikan
|
30
|
||
- Perakitan
kurang benar, tidak dapat dioperasikan
|
20
|
||
- Perakitan
tidak benar, tidak dapat dioperasikan
|
10
|
SKOR PENILAIAN UJIAN PRAKTEK
IPA KLAS V
No.
|
KEGIATAN
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
1.
|
Membuktikan
proses pernafasan (keluar masuknya udara ) dalam organ pernafasan manusia.
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan runtut; alat berfungsi dengan
baik; hasil yang dirangkai rapi
|
50
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai rapi
|
40
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat tidak berfungsi dengan baik; hasil yang dirangkai
rapi
|
30
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
20
|
||
- Merangkai
dengan tidak benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
10
|
||
2.
|
Menggolongkan
bahan pokok makanan berdasarkan fungsi zat makanan.
|
- Mengidentifikasi
zat makanan dengan benar; Menggolongkan dengan tepat; Menjelaskan fungsi zat
makanan dengan benar
|
50
|
- Mengidentifikasi
zat makanan dengan benar; Menggolongkan dengan tepat; Menjelaskan fungsi zat
makanan tidak benar
|
40
|
||
- Mengidentifikasi
zat makanan dengan benar; Menggolongkan tidak tepat; Menjelaskan fungsi zat
makanan dengan benar
|
30
|
||
- Mengidentifikasi
zat makanan tidak benar; Menggolongkan dengan tidak tepat; Menjelaskan fungsi
zat makanan tidak benar
|
10
|
||
3.
|
Membuat
magnet dengan aliran listrik (electromagnet ).
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan runtut; alat berfungsi dengan
baik; hasil yang dirangkai rapi
|
50
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai rapi
|
40
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat tidak berfungsi dengan baik; hasil yang dirangkai
rapi
|
30
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
20
|
||
- Merangkai
dengan tidak benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
10
|
No.
|
KEGIATAN
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
4.
|
Mempraktekkan
penguraian cahaya matahari oleh titik-titik air.
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan runtut; alat berfungsi dengan
baik; hasil yang dirangkai rapi
|
50
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai rapi
|
40
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat tidak berfungsi dengan baik; hasil yang dirangkai
rapi
|
30
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
20
|
||
- Merangkai
dengan tidak benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
10
|
||
5.
|
Membuktikan
terjadinya bayangan akibat cahaya merambat lurus.
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan runtut; alat berfungsi dengan
baik; hasil yang dirangkai rapi
|
50
|
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai rapi
|
40
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja dengan tidak runtut; alat tidak berfungsi dengan baik; hasil yang dirangkai
rapi
|
30
|
||
- Merangkai
dengan benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
20
|
||
- Merangkai
dengan tidak benar; menjelaskan cara kerja tidak runtut; alat tidak berfungsi
dengan baik; hasil yang dirangkai tidak rapi
|
10
|
SKOR PENILAIAN UJIAN PRAKTEK
IPA KLAS VI
No.
|
KEGIATAN
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1.
|
Siswa
dapat melakukan cara mencangkok yang benar.
|
- Urutan kerja benar,
selesai dan hasil benar
|
50
|
- Urutan kerja benar,
selesai dan hasil kurang benar
|
40
|
||
- Urutan kerja benar,
selesai dan hasil tidak benar
|
30
|
||
- Urutan kerja benar,
tidak selesai dan hasil tidak benar
|
20
|
||
- Urutan kerja tidak benar tidak selesai dan hasil tidak benar
|
10
|
||
2.
|
Siswa
melakukan percobaan untuk membuktikan penghantar panas atau konduktor yang
baik
|
- Urutan kerja benar,
selesai dan kesimpulan benar
|
50
|
- Urutan kesimpulan kerja benar, selesai dan kurang benar
|
40
|
||
- Urutan kerja benar,
selesai dan kesimpulan tidak benar
|
30
|
||
- Urutan kerja benar,
tidak selesai dan kesimpulan tidak benar
|
20
|
||
- Urutan kerja tidak benar tidak selesai dan kesimpulan tidak benar
|
10
|
||
3.
|
Siswa
dapat melakukan penyusunan salah satu rangkaian listrik
|
- Urutan kerja benar, selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
50
|
- Urutan kerja benar, selesai dan dapat dioperasikan dengan kurang baik
|
40
|
||
- Urutan kerja benar, selesai dan tidak dapat dioperasikan dengan baik
|
30
|
||
- Urutan kerja benar, tidak selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
20
|
||
- Urutan kerja tidak benar, tidak selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
10
|
||
4.
|
Siswa
dapat merangkaikan model bel listrik sederhana
|
- Urutan kerja benar,
selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
50
|
- Urutan kerja benar,
selesai dan dapat dioperasikan dengan kurang baik
|
40
|
||
- Urutan kerja benar,
selesai tidak dan dapat dioperasikan dengan baik
|
30
|
||
- Urutan kerja benar,
tidak selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
20
|
||
- Urutan kerja tidak benar, tidak selesai dan dapat dioperasikan dengan baik
|
10
|
||
5.
|
Siswa
dapat mendemontrasikan rotasi dan revolosi bulan.
|
- Dapat melakukan peran rotasi bumi dengan benar dan revolosi bulan dengan benar
|
50
|
- Dapat melakukan peran rotasi bumi dengan benar dan revolosi bulan dengan kurang benar
|
40
|
||
- Dapat melakukan peran rotasi bumi dengan kurang benar dan revolosi bulan dengan kurang benar
|
30
|
||
- Dapat melakukan peran rotasi bumi dengan kurang benar dan revolosi bulan dengan tidak benar
|
20
|
||
- Dapat melakukan peran rotasi bumi dengan tidak benar dan revolosi bulan dengan tidak benar
|
10
|
sangat membantu, thanks :)
BalasHapuswah, keren thanks
BalasHapus^__^
tRIMS,SANGAT MEMBANTU SEKALI
BalasHapus