Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Satuan
pembelajaran : SD Kyai
Hasyim
Mata
Pelajaran : Matematika, IPA
Kelas/Semester : I/ I
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Matematika
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
2. IPA
Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
II.
Kompetensi
Dasar
1. Matematika
Membilang
banyak benda
2. IPA
Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya sertacara perawatannya
III.
Indikator
A. Kognitif
1. Produk
·
Menuliskan
bilangan angka 1-10
·
Mengenali
bagian-bagian anggota tubuh
2. Proses
·
Membilang atau
menghitung secara berurutan
·
Menceritakan
kegunaan bagian-bagian anggota tubuh yang diamati
B. Afektif
1. Karakter
·
Siswa tertib
dalam pembelajaran
·
Peduli dengan sesama teman
·
Berperilaku santun
2. Keterampilan
social
·
Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Saling membantu
teman dalam mengerjakan tugas yang sulit
C. Psikomotor
·
Murid lancar
membilang atau menghitung secara berurutan
·
Murid lancar
menyebutkan bagian-bagian tubuh
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. Kognitif
1. produk
·
Setelah proses
pembelajaran Murid dapat menghiting bilangan angka 1-10
·
Setelaah guru
selesai menjelaskan, murid dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh
2. proses
·
murid dapat
menghitung bilangan angka 1-10
·
Murid mampu
menyebutkan bagian-bagian tubuh
B. Afektif
1. Karakter
·
Dalam
Pembelajaran siswa tertib dalam belajar
·
Murid dapat Peduli dengan sesama teman
·
Murid dapat Berperilaku santun
2. Keterampilan sosial
·
Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Murid dapat
saling membantu dalam mengerjakan soal yang sulit
C. Psikomotorik
o Setelah pembelajaran murid dapat membilang dan menghitung
angka 1-10
o Setelah pembelajaran siswa mampu menyebutkan anggota
bagian tubuh
V.
Materi
Pembelajaran
· Membilang
banyak benda
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaannya dan cara perawatannya
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
·
Model
pembelajaran : kooperatif tipe
STAD
·
Metode
pembelajaran : Ceramah, Praktek,
Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII.
Media dan Sumber pembelajaran
1. Media pembelajaran
·
Kartu bilangan
·
Bagian-bagian
tubuh
2. Sumber :
o buku Matematika
kelas 1, penerbit 3 serangkai, halaman 15-17
o buku IPA kelas 1 penerbit erlangga, halaman 4-5
VIII.
Skenario
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
5 menit
|
2.
|
Membaca doa
|
|
3.
|
Apersepsi
|
|
4
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|
5
|
Menyanyikan lagu “sayang Semua”
|
No
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran
|
60 menit
|
2
|
Murid mengamati dan menghiting benda dengan jumlah yang
berbeda
|
|
3
|
Murid menuliskan Lambang bilangan 1-10
|
|
4
|
Guru menjelaskan kegunaan bagian-bagian anggotya tubuh
|
|
5.
|
Guru dan murid menuliskan anggota tubuh yang penting
|
|
6.
|
Murid mencontohkan cara merawat anggota tubuh
|
|
7.
|
Guru memberi evaluasi atau penilaian
|
No
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1
|
Guru dan murid membuat kesimpulan
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberi PR
|
|
3
|
Menyanyi bersama
|
|
4
|
Guru memberi pesan-pesan moral
|
IX.
penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. Matematika :
· Meghitung banyaknya benda
· Membilang suatu benda
2. IPA :
· Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung,
telinga, gigi, dll)
· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
· Menunjukkan cara merewat tubuh.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1. Matematika :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. 2 +3 = ............
2. 4 + 5 = ...........
3. 1, ...., 3,....,.4.......,5......
4. Jumlah kelereng pada gambar
adalah........
5. Jumlah mobil pada gambar
ada....................
2. IPA :
Silanglah a,
b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini gambar
………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila kita
makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3. membaca
menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4.
supaya bersih gigi harus .....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
|
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10
Surabaya, 2 juli 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
(
________________ )
NIP/NIK
: …….......
|
Guru
Tematik Kelas I
(
_____________________)
NIP/NIK
:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar