Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pembelajaran : SD Kyai Hasyim
Mata
Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: IV/ I
Alokasi
Waktu
: 4 x 35 menit (2 X
Pertemuan)
I.
StandarKompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II.
KompetensiDasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun, bunga pada
tumbuhan dengan fungsinya
III.
Indikator
A. Kognitif
1. Produk
·
Menjelaskan pengertian akar, batang,
daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan
bunga pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Mendeskripsikan
pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Menyebutkan
fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Bekerjasama dengan teman kelompok
·
Peduli dengan sesamateman
·
Mendengarkan
pendapat teman
·
Bertanggung
jawab
2. Keterampilan social
·
Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Menyampaikan
pendapat
·
Menghargai
pendapat orang lain
C. Psikomotor
Terampil menunjukkan bagian-bagian
tumbuhan beserta fungsinya
IV.
TujuanPembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
·
Setelah
mendengar penjelasan singkatdari guru, siswa mampu menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa dapat menyebutkanbagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa mampu
menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2. Proses
·
Siswa dapat
mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa dapat
mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
·
Siswa dapat
menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
B. Afektif
1. Karakter
·
Murid dapat Bekerjasama dengan teman kelompok
·
Murid dapat Peduli dengan sesame teman
·
Murid dapat
bertanggung jawab
2. Keterampilan
sosial
·
Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
·
Murid dapat
Menyampaikan pendapat
·
Murid dapat
Menghargai pendapat orang lain
C.
Psikomotorik
Murid dapat terampil menunjukkan
bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya
V.
MateriPembelajaran
Struktur dan Fungsi Bagian Tunbuhan
·
Bagian-bagian penting tumbuhan,
antaralain, akar, batang, daun, danbunga.
·
Akar dibedakan menjadi dua, yaitu
akar tunggang dan akar serabut.
·
Akar berfungsi menyerap air dan
mineral dari dalam tanah.
·
Jenis batang bermacam-macam,
antaralain, batang berkayu, batang basah, dan batang rumput.
·
Fungsi utama batang adalah untuk menopang
tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat
perkembangbiakan
·
Bentuk tulang daun tumbuhan
bermacam-macam, antara lain,menyirip, melengkung,menjari, menjarum, dansejajar.
·
Fungsi daun adalah untuk tempat proses
pembuatan makanan,penguapan, dan pernapasan.
·
Bunga sempurna memiliki tangkai
bunga, kelopak, benang sari, putik,dan mahkota.
·
Fungsi utama bunga adalah sebagai
perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
·
Kegunaan tumbuhan bagimanusia,
antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan rumah tangga, dan bahan
obat-obatan.
VI.
Model danMetodePembelajaran
·
Model
pembelajaran
: Student Teams Achievment Division
(STAD)
·
Metode
pembelajaran
: Ceramah,
Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi
VII.
SkenarioPembelajaran
Pertemuan 1
|
||
No
|
Kegiatan Awal
|
Waktu
|
1.
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
5 menit
|
2.
|
Membaca doa
|
|
3.
|
Apersepsi
|
|
4
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
No
|
Kegiatan Inti
|
Waktu
|
1
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran
|
60 menit
|
2
|
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
|
|
3
|
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
|
|
4
|
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
|
|
5.
|
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
|
|
No
|
Kegiatan Akhir
|
Waktu
|
1.
|
Guru dan murid membuat kesimpulan
|
5 menit
|
2.
|
Guru memberi PR
|
|
3.
|
Guru memberi pesan-pesan moral
|
VIII.
Media danSumber
·
Media
: gambar struktur tumbuhan
·
Sumber
: buku SAINS SD Relevan kelsa IV
IX.
Penilaian
Lembar Kerja
Siswa
I.
Lengkapilah
titik-titik dibawah ini!
1. .................
2. DasarBunga
berfungsi sebagai ....................
3. Mahkotabunga
berfungsi untuk ...........................
4. ...................
5. ..................
6. Kelopakberfungsi
untuk .............................
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan tumbuhan?
2. Tuliskan fungsi utama akar bagi
tumbuhan!
3. Apakah yang dimaksud dengan:
·
Stomata
·
Klorofil
·
fhotosintesis
4. Tuliskan dua bagian bunga yang berperan
dalam perkembangbiakan!
5. Sebutkan fungsi utama batang bagi
tumbuhan!
Kunci jawaban
I.
Isilah
titik-titik di bawah ini!
1.
Tangkai Bunga
2.
Dasar Bunga berfungsi sebagai temapt kedudukan bunga
3.
Mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga
4.
Putik
5.
Benang Sari
6.
Kelopak berfungsi untuk membungkus mahkota ketika masih kuncup
II.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Tumbuhan adalah
salah satu makhluk hidup, umumnya terdiri dari akar, batang, daun dan bunga
2.
Fungsi akar:
a.
Menyerap air
dan mineral
b.
Menunjang
berdirinya tumbuhan
c.
Sebagai alat
pernapasan
d.
Sebagai
penyimpan cadangan makanan
3.
Stomata
: Mulut daun
Klorofil
: zat hijau daun
Fhotosintesis
:
4.
Putik dan
benang sari
5.
Fungsi batang
a.
Penopang
b.
Pengangkut
c.
Penyimpan
d.
Sebagai alat
perkembangbiakan
KriteriaPenilaian
1. Produk( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semuasalah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
1.
Lembar Penilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10
Surabaya, 23 juni
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(_______________)
NIP/NIK : …….......
|
Guru Kelas IV
(
_____________________)
NIP/NIK :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar