Senin, 11 Maret 2013

RPP BERKARAKTER YG SUDAH ADA ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pembelajaran           : SD Kyai Hasyim
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IV/ I
Alokasi Waktu                       : 4 x 35 menit (2 X Pertemuan)

       I.            StandarKompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

    II.            KompetensiDasar
Menjelaskan hubungan antara struktur akar, batang, daun, bunga pada tumbuhan dengan fungsinya
 III.            Indikator
A.    Kognitif
1.      Produk
                                                         ·            Menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menyebutkan bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                         ·            Mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan

B.     Afektif
1.      Karakter
                                                         ·            Bekerjasama dengan teman kelompok
                                                         ·            Peduli dengan sesamateman
                                                         ·            Mendengarkan pendapat teman
                                                         ·            Bertanggung jawab

2.      Keterampilan social
                                                         ·            Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                         ·            Menyampaikan pendapat
                                                         ·            Menghargai pendapat orang lain

C.     Psikomotor
Terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya

 IV.            TujuanPembelajaran
A.    Kognitif
1.      Produk
                                                         ·            Setelah mendengar penjelasan singkatdari guru, siswa mampu menjelaskan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat menyebutkanbagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa mampu menjelaskan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
2.      Proses
                                                         ·            Siswa dapat mendeskripsikan pengertian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan
                                                         ·            Siswa dapat menyebutkan fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tumbuhan

B.     Afektif
1.      Karakter
                                                         ·            Murid dapat Bekerjasama dengan teman kelompok
                                                         ·            Murid dapat Peduli dengan sesame teman
                                                         ·            Murid dapat bertanggung jawab
2.      Keterampilan sosial
                                                         ·            Murid dapat Melakukan komunikasi dan bertanya
                                                         ·            Murid dapat Menyampaikan pendapat
                                                         ·            Murid dapat Menghargai pendapat orang lain

C.     Psikomotorik
Murid dapat terampil menunjukkan bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya



    V.            MateriPembelajaran

Struktur dan Fungsi Bagian Tunbuhan

·         Bagian-bagian penting tumbuhan, antaralain, akar, batang, daun, danbunga.
·         Akar dibedakan menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut.
·         Akar berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
·         Jenis batang bermacam-macam, antaralain, batang berkayu, batang basah, dan batang rumput.
·         Fungsi utama batang adalah untuk menopang tegaknya tumbuhan, pengangkut, penyimpan makanan cadangan, dan alat perkembangbiakan
·         Bentuk tulang daun tumbuhan bermacam-macam, antara lain,menyirip, melengkung,menjari, menjarum, dansejajar.
·         Fungsi daun adalah untuk tempat proses pembuatan makanan,penguapan, dan pernapasan.
·         Bunga sempurna memiliki tangkai bunga, kelopak, benang sari, putik,dan mahkota.
·         Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
·         Kegunaan  tumbuhan bagimanusia, antara lain, sebagai bahan makanan, bahan peralatan rumah tangga, dan bahan obat-obatan.

 VI.            Model danMetodePembelajaran

                                 ·            Model pembelajaran                : Student Teams Achievment Division (STAD)
                                 ·            Metode pembelajaran              : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, dan Diskusi

VII.            SkenarioPembelajaran

Pertemuan 1
No
Kegiatan Awal
Waktu
1.
Memeriksa kesiapan siswa
5 menit
2.
Membaca doa
3.
Apersepsi
4
Menyampaikan tujuan pembelajaran




No
Kegiatan Inti
Waktu
1
Guru menjelaskan materi pembelajaran
60 menit
2
Guru membagikan materi yang berbeda kepada tiap siswa
3
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim
4
Murid berdiskusi dengan teman sekelompoknya
5.
Guru mengarahkan siswa dalam berdiskusi
No
Kegiatan Akhir
Waktu
1.
Guru dan murid membuat kesimpulan
5 menit
2.
Guru memberi PR
3.
Guru memberi pesan-pesan moral


VIII.            Media danSumber


                                ·            Media              : gambar struktur tumbuhan   
                                ·            Sumber            : buku SAINS SD Relevan kelsa IV

 IX.            Penilaian


Lembar Kerja Siswa
I.                   Lengkapilah titik-titik dibawah ini!
1.   .................
2.   DasarBunga berfungsi sebagai ....................
3.   Mahkotabunga berfungsi untuk ...........................
4.   ...................
5.   ..................
6.   Kelopakberfungsi untuk .............................
 
II.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1.      Apa yang dimaksud dengan tumbuhan?
2.      Tuliskan fungsi utama akar bagi tumbuhan!
3.      Apakah yang dimaksud dengan:
                                             ·            Stomata
                                             ·            Klorofil
                                             ·            fhotosintesis
4.      Tuliskan dua bagian bunga yang berperan dalam perkembangbiakan!
5.      Sebutkan fungsi utama batang bagi tumbuhan!

Kunci jawaban
I.                   Isilah titik-titik di bawah ini!
1.   Tangkai Bunga
2.   Dasar Bunga berfungsi sebagai temapt kedudukan bunga
3.   Mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga
4.   Putik
5.   Benang Sari
6.   Kelopak berfungsi untuk membungkus mahkota ketika masih kuncup

II.                Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1.      Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup, umumnya terdiri dari akar, batang, daun dan bunga
2.      Fungsi akar:
a.       Menyerap air dan mineral
b.      Menunjang berdirinya tumbuhan
c.       Sebagai alat pernapasan
d.      Sebagai penyimpan cadangan makanan
3.      Stomata           : Mulut daun
Klorofil           : zat hijau daun
Fhotosintesis   :
4.      Putik dan benang sari
5.      Fungsi batang
a.       Penopang
b.      Pengangkut
c.       Penyimpan
d.      Sebagai alat perkembangbiakan

KriteriaPenilaian
1. Produk( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semuasalah
4
3
2
1

 2. Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

1.      Lembar Penilaian

No
NamaSiswa
Performan
Produk
JumlahSkor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.








CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10




                                                                                                Surabaya, 23  juni 2012
                                                      Mengetahui,

Kepala Sekolah



(_______________)
NIP/NIK : …….......


       Guru   Kelas IV



 ( _____________________)
NIP/NIK :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar